HAMMIELUVLUV MINI PET-HAMSTER SHOP BANDUNG

Wednesday, July 24, 2013

Agar Sugar Glider Jinak (Bonding)


Banyak yang bertanya cara bonding seperti apa.
Padahal menurut saya prosesnya sungguh mudah dan benar-benar mengasyikkan.

Sebelumnya mari kita pelajari dan pahami dulu sifat dari SG tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa SG adalah makhluk sosial.
Dari situ bisa kita cari cara agar SG kita bonding.

Proses bonding untuk SG sebenarnya sama, baik itu SG yang masih Joey (muda: biasanya selalu hasil ternakan), SG dewasa hasil ternakan (CB / captive breeding), atau SG dewasa hasil tangkapan liar (WC / wild caught) dari pedagang hewan ataupun yang lain.
Meskipun kita semua tau bahwa memelihara SG dari usia Joey / muda prosesnya relatif lebih mudah dan lebih cepat dari SG yang sudah dewasa (baik CB ataupun WC), tapi hal ini janganlah menjadi penghalang / terlalu dirisaukan dalam mengadopsi SG.
Tidak perlu seorang ahli atau yang telah berpengalaman ratusan tahun untuk bisa menjinakkan SG.

Banyak yang berkata, “TUNJUKKAN SIAPA YANG BOSS KEPADA SG ANDA.”

Hal ini akan sangat saya bantah !!!

Bukanlah pilihan yang harus dipilih oleh SG untuk menjadi jongos Anda (bila konotasi majikan itu digunakan)
Mereka seharusnya hidup bebas di alam liar tanpa kita eksploitasi bahkan joey hasil ternakan sekalipun.
Mereka seharusnya hidup berkoloni dengan sesamanya bukan dengan kita yang berbeda spesies.
SG adalah makhluk yang seharusnya hidup bersama dengan sesame jenisnya. Oleh karena itu apabila kita ingin adopt mereka mari kita tanamkan di pikiran kita tentang ide ini.
Jika sugesti tentang boss atau majikan masih ditanamkan ke diri anda, tidak akan mudah nantinya proses ini.
Saya sendiri lebih menyukai pendekatan cinta dan kasih sayang.
Semua SG saya perlakukan dengan kasih sayang dan penuh perhatian, dan pastinya mereka nanti akan membalas apa yang telah saya berikan kepada mereka.

Lantas bagaimana cara agar SG itu bonding ???
Berdasarkan asumsi SG adalah makhluk sosial, maka mari kita terapkan hal itu.
Perlakukan SG dengan penuh cinta dan kasih sayang karena senantiasa mereka nantinya akan membalas perlakuan kita tersebut.

Berikut ini akan saya coba jelaskan beberapa step by stepnya, sumber ini diambil dari blog saya sendiri. :
Sugar glider memerlukan latihan dan pengenalan agar mereka bisa jinak kepada kita. Hal ini berlaku bagi semua umur SG, baik Joey ataupun yang telah dewasa. Juga berlaku bagi SG yang sudah jinak di owner sebelumnya.
Usia yang termudah untuk dijinakkan atau proses bonding tentu saja usia Joey. Apabila Anda mendapatkan Sugar glider yang sudah remaja akan sangat sulit, dan lebih sulit lagi SG dewasa yang didapat fresh dari alam liar (WC / wild caught), tapi semua kategori SG tersebut bukanlah tidak mungkin untuk dijinakkan / bonding terhadap Anda.

Mari kita pelan-pelan menjinakkan mereka.
Cara ataupun proses ini tentu saja bisa berbeda untuk tiap SG sesuai dengan karakter masing-masing individu, tetapi secara garis besar sama. Ketika anda mendapatkan SG untuk pertama kali, sangatlah penting untuk membiarkan mereka 1 atau 2 hari di dalam kandang tanpa diganggu ketika pertama kali SG tersebut sampai di tempat Anda, hal ini berlaku bagi SG umur berapa saja dari Joey atau bahkan telah dewasa. Proses adaptasi ini akan memudahkan SG untuk mengenal lingkungan barunya. Tentu saja jangan lupa menyediakan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh mereka didalam kandang.
Khusus untuk SG yang telah remaja atau dewasa, penting sekali menanyakan makanan yang biasa diberikan kepada mereka di tempat lamanya. Bagi yang membeli di pasar hewan biasanya hanya diberikan buah-buahan saja. Untuk yang membeli di pasar hewan, sediakan buah-buahan yang biasa mereka makan tapi dengan porsi yang kecil diselingi dengan makanan baru yang nantinya ingin kita berikan untuk makanan sehari-hari mereka.

Setelah beberapa hari terlewati, selanjutnya bisa kita biasakan dengan diri kita. Akan sering ditemui bahwa SG akan selalu berada di dalam pouch yang kita sediakan. Hal ini adalah wajar, karena selain mereka binatang nocturnal, hal ini juga membuat mereka merasa nyaman dan aman di dalam pouch. Tapi apabila kita biarkan mereka selalu di dalam pouch, kapan kita bisa memulai proses bondingnya??? 

Hal pertama yang dilakukan adalah memancing mereka keluar dari dalam pouchnya. Caara yang bisa dilakukan adalah mengoleskan jari kita dengan makanan dan disodorkan pelan-pelan ke wajah mereka. Jangan heran atau kaget terlebih lagi takut apabila mereka crabbing (mengeluarkan suara seperti terompet) dan seakan-akan mau menyerang. Harap di ingat !!! Kita ingin agar SG kita mengenali kita dan nanti jinak bukan??? Sugar Glider dapat merasakan dan bahkan menghapal dalam memori mereka apabila kita takut kepada mereka. Suara crabbing itu normal, karena itu adalah sistem pertahanan mereka di alam liar terhadap musuh. Crabbing adalah sistem pertahanan pertama mereka untuk mengelabui musuh dengan suara yang terdengar menakutkan untuk menutupi kelemahan dari tubuh mereka yang kecil. Sistem pertahanan berikutnya adalah mengigit. Tapi apabila kita telah mengoleskan makanan di ujung jari kita, mereka bahkan nantinya akan lebih menjilati ujung jari kita daripada menggigitnya. Lakukan proses ini selama beberapa hari kedepan.

Proses selanjutnya adalah mencoba menjamah atau mengelus mereka meski hanya didalam kandang. Hal ini sebagai cara untuk mengenalkan SG bahwa kita menyayangi mereka. Sebaiknya hal ini dilakukan dengan menyingkirkan terlebih dahulu pouch yang ada di kandang, gunanya agar ketika kita berusaha memegang mereka, mereka tidak masuk kedalam pouch. Coba juga dengan masih mengoleskan sedikit makanan mereka di ujung jari kita. Lakukan dengan lembut dan jangan membuat gerakan yang tiba-tiba untuk menghindari mereka kaget dan akan menyebabkan mereka takut kepada kita. Setelah itu coba lakukan di luar kandang. Sebaiknya lakukan di ruangan yang tertutup dengan memastikan lubang-lubang yang bisa membuat mereka kabur telah ditutup. Hal ini berguna apabila nanti mereka lepas dari jangkauan kita selama kita mencoba untuk memegang mereka.

Hindari memegang mereka dengan meraihnya dengan cara memegang ekor mereka. Dikhawatirkan ekor mereka bisa putus nantinya. Cobalah dengan mengincar daerah kepala mereka. Jadi apabila anda meleset ketika mereka kabur, setidaknya anda nanti akan meraih bagian badannya. Apabila SG menggigit. JANGAN MELEPASKAN MEREKA !!!   Hal ini malah akan mengajarkan kepada mereka untuk semakin berani kepada kita. Harap di ingat. Kita ingin menunjukkan kepada mereka bahwa kita ingin menjadi sahabat mereka. Bila ingin melatih SG agar berhenti untuk menggigit kita. Kita dapat menjejalkan jempol kita ke mulut mereka tetapi dengan posisi jempol dibalik. Karena gigi yang tajam adalah gigi bawah mereka, jadi letakkan jempol kita di mulut mereka dengan kuku menghadap ke gigi bawah mereka. Tahan selama 5 menit dan lakukan hal ini sesering mungkin sampai mereka bosan. Terus terang hal ini masih saya lakukan. karena saya ingin menunjukkan bahwa saya tidak senang dengan gigitan itu dan agar mereka bosan menggigit saya. Sambil melakukan itu. Terkadang saya mencoba menasehati dengan sedikit membentak mereka bahwa saya tidak suka dengan gigitan mereka dan agar tidak menggigit lagi.

Selanjutnya agar mereka tenang. Kita bisa melakukan cara dengan meng kekep kedua tangan kita ke mereka. Hal ini agar nantinya mereka tidak kabur, dan membuat mereka nyaman karena gelap, juga membiasakan mereka dengan bau tangan kita. Setelah mereka tenang, coba lagi dengan mengajak mereka keluar dr tangan tersebut. lakukan hal ini secara berkala, agar mereka terbiasa dengan kita. Usahakan selalu bisa kita pegang dan mainkan jangan sampai terlepas. Karena kita menginginkan SG yang jinak bahkan bonded kepada kita kan???. Dimana nantinya SG tersebut akan selalu ada di dekat kita.

Proses selanjutnya dimana proses ini bisa saya sebut dengan proses setengah bonded, karena SG telah bisa kita handle sedikit dengan bisa kita kendalikan apabila dia kabur. Dengan cara meletakkan mereka didalam kantung baju atau pouch yang bisa kita gantung di dada kita. Bila memakai baju yang ada kantongnya, disarankan yang mempunyai kancing yang tertutup, jangan khawatir dari mana mereka akan mendapatkan udara. Asalkan kantong baju itu tidak ber ritsleting dan ritsleting itu tidak tertutup secara utuh, mereka masih dapat udara kok. Yang perlu di khawatirkan malah mereka akan kabur bila kita meletakkan dalam kantong baju untuk SG yang telah remaja atau dewasa dan kita dapatkan dalam kondisi masih liar. Meletakkan SG di kantong baju disarankan untuk joey saja. Lakukan hal ini di siang hari disaat mereka sedang tertidur, karena bila kita melakukannya pada malam hari, akan makin susah menghandle mereka disaat mereka aktif. Hal ini agar mereka bisa terbiasa mendengarkan detak jantung kita dan bau tubuh kita disaat mereka tertidur sehingga nantinya mereka semakin terbiasa dengan kita. Jangan heran apabila mereka masih saja terus crabbing setiap kali kita bergerak, hal ini adalah wajar dan hal ini nanti akan berhenti jika mereka telah percaya dan nyaman kepada kita.

Saya sendiri selalu membawa SG didalam pouch apabila saya bepergian. Tentu saja apabila saya bepergian tidak terlalu lama. Bahkan ketika saya naik kendaraan bermotor. Pouch saya pendekkan talinya seukuran dada, dan sebaiknya usahakan seukuran dada. karena takut nanti kegencet apabila kita duduk, entah itu naik motor ataupun mobil. Seukuran dada juga agar mereka bisa mendengar detak jantung kita seperti yang telah dijelaskan diatas. Untuk makanan, biasanya saya meletakkan beberapa potong buah yang bisa saya beli di pinggir jalan, seperti melon dll. Saya selalu menghindari buah yang lengket seperti rambutan, mangga, pepaya, pisang dll karena jelek apabila nanti lengket di bulu mereka. Melon selalu menjadi buah favorit yang saya berikan di dalam pouch mereka. Karena melon mengandung air yang menghindari SG dari dehidrasi. 
Selain buah, terkadang saya meletakkan biskuit bayi di dalam pouch. Contoh biskuit bayi merk sun. Karena kandungannya sama dengan bubur sun yang biasa saya berikan dengan meletakkan beberapa potongan kecil kedalam pouch mereka. Apabila ada waktu, tinggal rendam biskuit tersebut untuk membentuk bubur yang biasa saya berikan di dalam kandang.

Untuk minum selama dalam perjalanan membawa mereka di dalam pouch, saya bisa mampir ke warung pinggir jalan, membeli segelas air minum mineral dengan menahan ujung sedotan dan diberikan perlahan-lahan kepada mereka dengan melepas ujung sedotan tersebut.




Pada saat saya sedang menulis tulisan ini disebuah warung pinggir jalan di jalan margonda raya depok, saya ditemani sepasang Joey yang saya gantung di dalam pouch di dada saya. Tentu saja setelah memberikan makanan dan minuman untuk mereka.

Pada waktu saya mendapatkan sepasang joey pertamakali. Saya selalu membawa mereka ke tempat kerja saya. Bahkan seharian, karena kerja saya sebagai seorang assisten sutradara yang bekerja dari pagi sampai bahkan pagi lagi. Disiang hari saya letakkan di dalam kantung baju, sedangkan di malam hari saya letakkan di kandang kecil yang saya letakkan di ruangan yang menjadi basecamp.

Selain cara aktif untuk menjinakkan SG atau agar SG tersebut bonded. ada cara lain yang pasif juga bisa kita lakukan. 
Sugar Glider pada dasarnya mengenali kita melalui bau. Jadi kita bisa meletakkan saputangan atau handuk kecil yang belum kita cuci setelah mengusapkan saputangan atau handuk kecil itu ke badan kita yang berkeringat. Atau bahkan kita bisa menutup atau melampirkan baju kita yang belum kita cuci yang sangat berbau keringat di kandang mereka.
Kalo mau meletakkan kolor di dalam kandang juga tidak dilarang.  Asalkan mesti siap apabila nanti SG kita pingsan dengan bau kolor kita.

Setelah mereka merasa mulai nyaman kepada kita. Kita juga bisa meletakkan SG kita didalam baju kita agar bersentuhan langsung dengan kulit kita dan bau kita. Untuk hal ini sebaiknya menggunting kuku mereka terlebih dahulu. Karena kuku mereka yang tajam bisa mengakibatkan badan kita baret-baret dan akan terasa sekali sakitnya bagi yang mempunyai sifat kulit yang sensitif seperti saya. Pedih ini akan terasa ketika kita mandi atau kulit yang baret itu terkena air dan sabun.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah melepaskan SG didalam suatu tempat yang tertutup yang sangat kecil seperti tenda kamping bersama kita. Lakukan kegiatan di dalam tempat itu/tenda itu secara bersama. Gunanya agar SG terbiasa dengan kita dan lebih mengenal kita. Hal ini pernah saya lakukan, dengan bersama-sama di dalam tenda itu selama seminggu penuh selama beberapa jam dalam sehari. saya mengetik postingan atau ngejunk di forum dengan laptop, makan dan minum didalam tenda bersama aimee Sugar Glider yang saya adopt setelah kehilangan (bukan RIP) temannya sesama joey yang saya adopt bersamaan dari july. 

Mungkin beberapa tips diatas bisa membantu calon adopter atau new adopter dalam proses menjinakkan atau proses bondingnya. Proses ini adalah berdasarkan pengalaman adopt beberapa SG hasil pembelian dari pasar hewan yang pernah saya perjual belikan. Dulu pernah saya serakah dengan membeli belasan SG WC sekaligus, tapi ada beberapa bahkan sebagian SG WC tersebut tidak selamat karena kurangnya handle yang diberikan. Bukan untung yang didapat tapi kerugian yang didapat. Apalagi ada beberapa SG yang tewas di tangan saya atau sekarat sampai penghabisan nafasnya di tangan saya. Kerugian ini tidak bisa dibalas dengan uang seberapapun banyaknya.
Walah kok jadi curhat sih???

Satu hal lagi yang mungkin bisa diterapkan.
Ajak selalu SG anda berinteraksi melalui komunikasi. Bisa dengan berbincang-bincang dengan suara pelan tidak membentak. Hal ini mungkin akan terdengar aneh dan gila. Bahkan saya sering diledek teman-teman bahwa saya telah sarap dengan selalu mengajak SG berbincang-bincang. Meskipun semua tau bahwa SG tidak akan mengerti bahasa manusia, tapi saya yakin bahwa SG saya tau apa yang saya maksudkan melalui perkataan-perkataan saya
Saya selalu perlakukan SG sebagai bayi saya sendiri. Dengan memberikan kasih sayang dan perhatian bagi masing-masing SG.

Mungkin bisa ditekankan sedikit. 
Seberapa sering kita berinteraksi dengan Sugar Glider kita, menentukan seberapa cepatnya Sugar Glider kita jinak atau bonded kepada kita.
Tidak perlu seorang yang telah berpengalaman untuk menjinakkan SG, bahkan anda yang baru adopt SG, meski itu SG yang masih sangat liar sekalipun bisa anda jinakkan atau bonded.


Harap selalu di ingat. Lakukan dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Jangan lakukan dengan kekerasan. Senantiasa mereka akan membalas perhatian dan kasih sayang yang telah kita berikan.

So???
Mulailah dengan proses bonding anda sendiri.....


sumber : KPSGI

No comments: