HAMMIELUVLUV MINI PET-HAMSTER SHOP BANDUNG

Wednesday, July 31, 2013

Kandang yang Baik untuk Sugar Glider


Sugar glider dewasa dapat menyesuaikan diri di temperature sekitar (18°-31°C). Suhu dibawah itu memerlukan wadah yang hangat atau suatu tempat dimana mereka dapat berpelukan (jika sepasang) agar hangat satu sama lain.

Ada banyak pendapat tentang kandang SG yang baik. bahkan ada beberapa adopter yang tidak meletakkan SG nya di dalam kandang alias membiarkan bebas di dalam rumah/tempatnya. Semua itu ada kelebihan dan kekurangannya. Meletakkan atau membiarkan sg di dalam rumah/tempat/kamar sebenarnya tidaklah dilarang. Tapi hal ini sangat tidak dianjurkan. Banyak hal buruk yang dapat terjadi. Sugar Glider pada umumnya adalah hewan yang selalu penasaran akan lingkungannya, jika kita membiarkan dia lepas begitu saja, SG dapat dan senang menggerogoti benda-benda yang dia temukan. kita tidak pernah dapat menjamin kandungan yang terdapat dalam benda-benda yang digerogoti itu. Bisa saja benda itu mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi SG dan kita tidak mau hal itu terjadi pada Sugar Glider kesayangan kita kan???
Khusus bagi yang membiarkan SG nya berkeliaran atau dilepas begitu saja didalam rumahnya. Saya telah menjumpai beberapa kasus yang mengakibatkan kematian bagi SG. Pada umumnya SG tersebut mati karena tertindih ketika adopternya tertidur. Seperti kita tahu bersama bahwa SG adalah hewan sosial, dia butuh teman, bisa mengakibatkan kematian apabila SG tersebut menghampiri ownernya saat ownernya tertidur dan tidak sadar kalau SG tersebut menghampiri dan mendekatinya.

Harap diperhatikan juga bahwa posisi SG lebih pada posisi sebagai mangsa atau korban. Bagi hewan lain seperti kucing atau anjing, bisa SG dianggap sebagai mangsa. Sangat jarang terjadi SG bisa akrab dengan hewan lain.
Kontak listrik atau toilet bisa berbahaya bagi SG. Mereka tidak bisa berenang dan tidak bisa membedakan yang berbahaya dan yang aman
Oleh karena itu, apabila anda ingin melepas begitu saja SG anda, harap pertimbangkan dahulu hal tersebut diatas.

Berikut ini ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih kandang yang baik.

Ukuran Kandang

Ukuran kandang yang baik adalah lebih lebar, lebih tinggi dan lebih luas adalah lebih baik. Tapi apabila keuangan anda tidak mencukupi atau pas-pasan janganlah hal ini menjadi suatu kendala. Kandang hamster ukuran 2 atau 3 lantai bagi sepasang SG sudah mencukupi. Selain kandang hamster, anda juga bisa dengan menyediakan kandang untuk burung kenari. Apabila kandang anda terasa kurang luas bagi SG anda, anda bisa melepas SG anda sekali atau beberapa kali dan tentu saja dalam pengawasan anda untuk menghindarkan SG anda terkena hal-hal yang tidak diinginkan dalam ruangan itu.

Rongga kandang

Rongga antara jeruji kandang sebaiknya jangan terlalu lebar, ukuran yang sesuai sekitar 1 sampai dengan 1,5 cm. Hal ini untuk menghindari SG anda bisa molos keluar melalui jeruji itu. Alur dari jeruji itu lebih baik dalam posisi horisontal atau mendatar yang nantinya berguna bagi SG untuk bergelantungan.

 Bahan Kandang

Bahan yang terbaik untuk kandang SG tentu saja dari bahan besi. Sebaiknya hindari bahan dari kayu seperti yang digunakan untuk burung pada umumnya. Hal ini karena sifat SG yang suka mengigit-gigit dan sifat dari bahan itu yang mudah melar hingga akhirnya SG bisa molos...
Apabila anda ingin membuat kandang sendiri dari bahan kayu dan kawat ram, pastikan bahwa kayu itu tidak mudah lapuk dan kawat ramnya tidak mudah berkarat. Kayu mudah lapuk karena sering di kencingi dan digigit oleh SG. Kawat ram yang kualitas jelek dapat mengakibatkan kawat tersebut mudah berkarat dan berbahaya bagi SG. Pemilihan cat bagi kandang custom juga sebaiknya sangat diperhatikan. Gunakan cat yang berkualitas sangat baik dan tidak berbahaya bagi SG anda.

Keadaan kadang

Pastikan kondisi kandang anda baik dan terawat. Perhatikan apakah ada yang berkarat atau baret. Hal ini bisa diujicoba dengan mengusapkan tangan anda kesetiap bagian kandang. Apabila ada yang berkarat atau baret hingga tangan anda merasa sakit meski sedikit, lakukan perbaikan dengan cara mengampelas bagian itu atau mencatnya dengan cat yang sangat bermutu.
  
Keamanan Kandang

Sugar Glider termasuk hewan yang cerdas, mereka dapat meloloskan diri dengan berbagai cara. Jangan heran apabila SG anda dapat membuka kandang mereka apabila kita menganggap remeh hal ini. Apabila ada 'suatu peluang' SG akan memanfaatkan peluang itu dengan mengigit-gigit hingga rusak bagian itu atau mencoba menyundul-nyundul pintu kandang hingga akhirnya pintu atau bagian itu terbuka hingga mereka dapat melarikan diri.
  
Alas kandang

Alas kandang bisa dari apa aja. Fungsi dari alas itu agar kandang bersih dari pup dan pee mereka.
Namun yan perlu diperhatikan adalah bahan alas kandang itu sendiri. Kalau dari kertas atau koran atau dari kain, tentu saja anda harus selalu mengganti kertas atau koran atau kain itu setiap hari karena sifat dari bahan tersebut yang mudah kotor. Boleh juga memakai bahan dari serbuk kayu, namun apabila menggunakan bahan ini, sebaiknya memeriksa dahulu serbuk kayu itu, apakah ada serpihan dari kayu yang agak besar atau tidak sebelum meletakkan di kandang. Karena kebiasaan dari SG yang suka sekali mengerat.
Memakai pasir zeolit juga diperbolehkan. Apabila memakai pasir zeolit, sebaiknya memakai yang ukuran no 5 (kalo tidak salah) yaitu ukuran yang paling besar. Kembali lagi kepada sifat dari SG tersebut yang suka sekali mengerat. Dikhawatirkan pasir tersebut masuk ke perutnya.

Saya pribadi menganjurkan memakai kandang yang mempunyai semacam rongga sebelum menyentuh dasar kandang. Gunanya agar memudahkan dalam membersihkan kandang itu dengan tinggal mengeluarkan atau menggesesr lantai kandang untuk selanjutnya mengganti serbuk, pasir dengan yang baru.
Saya sudah pernah mencoba memakai serbuk ataupun pasir tanpa alas kandang yang bisa digeser itu. Akibatnya pasir atau serbuk itu suka berantakan keluar kandang. Apabila kandang diletakkan di dalam kamar, tentu saja lantai kamar kita bisa kotor menjijikkan.
  
DIANTARA PILIHAN ALAS KANDANG ITU, MANAKAH YANG TERBAIK ???

Saya merekomendasikan alas dari koran atau kain.
kenapa???
kalau alas dari serbuk kayu atau pasir, dijamin anda akan sangat malas sekali utk membersihkannya.
karena sifat dari bahan ini yang menyerap air dan terlihat selalu bersih.
jika memakai bahan dari serbuk kayu atau pasir ini akan terlihat selalu bersih dalam beberapa hari dan akibatnya anda akan malas utk menggantinya dengan yang baru.
pernahkah terbayang oleh anda, kencing dan poop mereka yang terserap oelh serbuk atau pasir terebut bisa mengakibatkan jamur atau bakteri???
bisa anda bayangkan bakteri atau kotoran yang ada diserbuk kayu atau pasir itu jika anda tidak segera menggantinya dengan yang baru.
alas kandang dari serbuk kayu juga bersifat agak berbahaya jika serbuk itu tidak benar2 halus serutannya.
sifat sg yang suka sekali menggerogoti apa saja (tapi sg bukan hewan pengerat) dapat megakibatkan penyakit mulut yang tidak kita inginkan.

Saya pribadi menyarankan memakai alas dari koran atau dari kain.
kenapa ???
karena, dijamin setiap kali anda mengganti makanan mereka dengan yang baru akan terlihat bahwa alas koran itu akan kotor dan anda dijamin akan segera menggantinya dengan yang baru.
dengan ini, kebersihan kandang tsb akan selalu terjaga.

Apa saja aksesoris didalam kandang ???

* Yang pasti adalah tempat makan dan minum.

Tempat makan bisa yang untuk burung ataupun yang mangkok seperti untuk hamster. Begitu pula tempat minum, tapi sangat disarankan tempat minum untuk hamster yang ada bola2nya agar tidak becek dikandang.
  
* Mainan.

Mainan pada dasarnya antara perlu dan tidak perlu. Tapi apabila kita ingin memberikan mainan agar sugar glider kita sehat dan tidak gemuk karena jarang alahraga, kita bisa berikan wheel untuk hamster, tali2 yang dibentuk seperti jembatan, aksesoris atau pernak-pernik yang kita buat mengelantung dsb. Disarankan jangan berikan mainan sekaligus dalam satu waktu agar mainan/acc itu tidak hanya menjadi hiasan saja. Karena sugar glider anda bosan atau bingung karena kebanyakan. Masukan satu persatu mainan itu, biarkan sugar glider anda penasaran dan mencobanya.
  
* Hidey ataupun pouch   

Hidey atau pouch gunanya untuk sugar glider anda bersembunyi dari terangnya sinar matahari. Bentuknya bisa bermacam2 seperti dari tempurung kelapa yang biasa untuk burung, kaus kaki, bekas tempat parfum, rumah2an hamster, rumah2an burung, dll.
Ataupun bisa anda buat sendiri dengan kain yang lembut.


Bolehkah saya meletakkan Heating Pad/Pemanas di dalam kandang ???
  
Jawabanya adalah TIDAK ...!!! Sugar glider tidak memerlukan pemanas. Kulitnya ditutupi bulu yang bisa menjaga kehangatannya. Pemanas bisa mengakibatkan kecelakaan bagi Sugar Glider. Kaki dan tangan Sugar Glider sangatlah lembut. Saya tidak bisa membayangkan apabila kaki dan tangan tersebut mengenai pemanas tersebut. Apabila lingkungan anda dingin, sediakan pouch dari bahan kain yang hangat, atau sering mengajak main SG anda, juga bisa dengan mengkekep tangan anda ke SG tersebut agar hangat.

JANGAN PERNAH MELETAKKAN SUGAR GLIDER DI DALAM AKUARIUM

MEREKA BISA STRESS KARENA TIDAK BISA MEMANJAT MESKIPUN KITA MENYEDIAKAN BANYAK RANTING POHON DI DALAM KANDANG ITU.

MEREKA AKAN MENCOBA KELUAR DARI KANDANG YANG BENING ITU KARENA MEREKA PIKIR TIDAK ADA KACANYA !!!

sumber : KPSGI

No comments: